BRI Raih Penghargaan Global atas Transformasi Digital melalui BRIAPI


Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih penghargaan internasional dengan memenangkan kategori Best API Initiative dalam ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 yang diselenggarakan oleh The Digital Banker di Singapura pada 24 Oktober 2024.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan BRI dalam mengembangkan BRIAPI, sebuah layanan open banking API yang berperan penting dalam mempercepat digitalisasi ekosistem perbankan di Indonesia. Prestasi ini menegaskan komitmen BRI untuk menghadirkan solusi perbankan digital yang inovatif, aman, dan inklusif bagi masyarakat, serta mendukung transformasi digital di sektor perbankan.

BRIAPI yang dikembangkan sejak 2018, adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Dengan lebih dari seratus produk API, BRIAPI menawarkan berbagai fitur, termasuk layanan informasi seperti mutasi rekening dan informasi saldo, hingga layanan transaksi seperti transfer dana, BRIVA, Kartu Kredit Co-branding, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan QRIS. Kehadiran BRIAPI memudahkan platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi berbasis BRI.

Penghargaan ini juga menyoroti kontribusi BRIAPI dalam mendigitalisasi ekosistem pendidikan melalui program Gerakan 1000 Sekolah. Melalui inisiatif ini, BRIAPI mendorong adopsi layanan perbankan digital di ribuan institusi pendidikan di Indonesia, yang kini mencakup hampir 17% dari total mitra BRIAPI, termasuk institusi pendidikan dan startup edtech.

Selain itu, penghargaan ini mengapresiasi kemampuan BRIAPI dalam mempermudah integrasi dengan mitra, yang didukung oleh berbagai fitur seperti BRIAPI Developers Studio—sandbox untuk pengembangan, BRIAPI SPOT untuk pemantauan aplikasi, serta chatbot AI BRI, Sabrina, yang meningkatkan responsivitas operasional.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha, menyatakan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam mengembangkan teknologi yang inklusif, yang mempermudah akses layanan perbankan dan mendorong inklusi finansial bagi masyarakat luas.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen BRI dalam inovasi dan inisiatif untuk meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi semua. BRIAPI dikembangkan dengan prinsip teknologi yang humanis, dimana inovasi dan transformasi digital kami selaras dengan perluasan akses dan inklusivitas bagi seluruh pengguna,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arga menambahkan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan bagi BRI, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi, memenuhi kebutuhan digitalisasi, dan memperkuat peran BRI dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia.

"Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, serta memastikan manfaat layanan keuangan digital yang aman dan andal dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Melalui pengembangan BRIAPI dan berbagai inisiatif digital lainnya, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan untuk mempermudah akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia dan Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.

Lebih baru Lebih lama